Sejarah Singkat

Dari berdirinya sampai dengan tahun 1997, Fakultas Pertanian mengelola enam jurusan, yakni Budidaya Pertanian/Agronomi, Sosial-Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Tanah, Hama Penyakit Tanaman, dan Teknologi Pertanian.

Pada perkembangan selanjutnya, pada 22 Agustus 1997 berdasarkan keputusan Kemendikbud No. 205/O/1997, Jurusan Teknologi Pertanian berubah status menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang kini kampusnya berada tepat di depan Agrotechno Park (kebun percobaan milik Faperta).

Kemudian mengikuti SK Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/KEP/2007 tertanggal 29 November 2007 tentang “Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Peguruan Tinggi”, maka semua perguruan tinggi di bidang pertanian hanya dapat menyelenggarakan pendidikan atau mengelola pendidikan dua program studi (PS), Agroteknologi/Agroekoteknologi dan Agribisnis. PS Agroteknologi membidangi tiga jurusan lama (Tanah, Agronomi, dan IHPT). Sementara PS Agribisnis tetap mencakup sosial ekonomi pertanian.

Hingga tahun akademik 2011/12 Faperta Unej masih menyelenggarakan dua program studi tersebut dan sampai dengan Maret 2011, sudah meluluskan 4366 civitas akademikanya.