Event FoSSA 2017

Event FoSSA 2017 »

Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian

Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian »

Tes Uji Kompetensi

Kerjasama FAPERTA UNEJ dengan BNSP »

Pembuatan bibit jamur tiram

Pembuatan bibit jamur tiram »

Suasana perkuliahan Pasca sarjana

Suasana perkuliahan Pasca sarjana »

Bimbingan Teknis

Produksi Komoditas Strategis Tahun 2017 »

Forum Dekan Universitas Jember

FAPERTA, 23 Oktober 2017 »

 

KOMOSLY, KREASI MAHASISWA UNEJ BIDANG PERTANIAN DALAM AJANG PKM M 2018

Kali ini akan membahas berita seputar karya inovasi mahasiswa fakultas pertanian yang berkolaborasi dengan fakultas teknologi pertanian dalam ajang perlombaan PKM Pengabdian Masyarakat 2018. Ketua pelaksana yakni atas Nama Maghfirotus Sibyan bersama rekan timnya yaitu Feri Dwi Putra Suhartono (Agroteknologi), Meida Cahyaning Putri (Teknologi Hasil Pertanian, dan M. Aly Firdaus (Teknologi Hasil Pertanian) menciptakan suatu ide yang dapat membantu masyarakat di Desa Sucopangepok Kabupaten Jember. Dalam ajang perlombaan ini, Tim yang diberi nama KOMOSLY akhirnya lolos dalam seleksi pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2018 dan mulai mengaplikasikan gagasan kepada desa yang dituju.
Kabupaten Jember memiliki komoditas hortikultura yang sangat beragam dan luas. seperti salah satu daerah yang peneliti jajahi yakni di Desa Sucopangeppok Kecamatan Jelbuk. Desa tersebut mayoritas ditanami tanaman cabai rawit oleh masyarakat atau petani karena lokasi yang sangat mendukung untuk pertumbuhan cabai rawit. Namun, beberapa permasalahan yang kami temukan di desa yaitu adanya masalah sampah dari limbah pembibitan cabai rawit seperti mini-polybag yang terbuat dari plastik. Hal inilah yang menggerakan kami sebagai tim mahasiswa UNEJ untuk bisa memberikan solusi agar penggunaan mini-polybag tidak terlalu besar sehingga lingkungan menjadi lestari dan aman.
Selain dari menumpuknya limbah plastik, ternyata banyak limbah pertanian maupun peternakan yang tidak termanfaatkan. Padahal secara teori maupun literatur, limbah pertanian seperti bekatul, kulit kopi kering, maupun kotoran ternak baik untuk kesuburan tanah sehingga meningkatkan hasil produksi pertanian. akhirnya, kami memutuskan untuk membuat suatu inovasi wadah alami sebagai pengganti mini-polybag yaitu KOMOSLY. Dengan harapan awal inilah, kami mulai bangkit dan bergabung Bersama masyarakat di Desa Sucopangepok untuk membantu dalam pengaplikasian KOMOSLY untuk menjaga lingkungan agar tetap aman dan lestari.
Sosialisasi yang dilakukan oleh tim yaitu memiliki 2 teknis, awal sosialisasi mengumpulkan seluruh masyarakat Desa Sucopangepok di Balai Desa dan nantinya akan diberikan pengarahan mengenai bahayanya akan limbah plastik terhadap lingkungan. Hal ini diperlukan agar masyarakat sadar mengenai bahaya penggunaan plastik terutama dari hasil limbah pembibitan berupa mini-polybag. Kemudian, tim UNEJ memberikan solusi baru berupa KOMOSLY sebagai media pembibitan alami dan bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan mengingat KOMOSLY dibuat dari limbah pertanian dan peternakan yang berada di Desa Sucopangepok.
Teknis kedua, setelah dilakukannya sosialisasi di balai desa maka tim melanjutkan kegiatan sosialisasi secara langsung di tiap rumah. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih memahami cara pembuatan dan manfaat dari pengaplikasian KOMOSLY. selain itu, kami juga ikut berpartisipasi Bersama masyarakat untuk membuat KOMOSLY Bersama agar masyarakat bisa memulai untuk menerapkan KOMOSLY di rumah nya masing-masing. Masyarakat desa sangat antusias terhadap produk KOMOSLY karena bahan mudah didapatkan tanpa membeli dan bersifat ramah lingkungan.
Pelaksanaan KOMOSLY dilakukan oleh Tim Mahasiswa UNEJ selama kurnag lebih 1 bulan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat untuk Program PKM Pengabdian Masyarakat. Hal yang dilakukan pada pelaksanaan yaitu membuat KOMOSLY Bersama antara Tim Mahasiswa UNEJ dengan masyarakat. Dengan adanya pelaksaaan pembuatan secara Bersama-sama menjadi tujuan tim mahasiswa agar masyarakat lebih memahami cara pembuatan KOMOSLY dan mulai menerapkannya di pekarangan rumah.
Apa saja kah kegiatan yang dilakukan dalam pembuatan KOMOSLY:
a) Menyiapkan Bahan-bahan limbah pertanian (Bonggol Jagung, Bekatul, dan Kulit Kopi) dan Limbah peternakan (kotoran sapi dan ayam yang sudah kering)
b) Setelah menyiapkan bahan, maka proses pembuatan dilakukan dengan mencapurkan keseluruhan bahan atau limbah hingga tercampur menjadi tanah atau kompos.
c) Apabila sudah tercampur, maka kompos siap dicetak pada gelas bekas untuk dijadikan sebagai wadah pembibitan tanaman cabai.
d) Setelah selesai dicetak, kemudian dikeringkan agar KOMOSLY bias digunakan.

 

Dokumentasi Foto : https://kawanda.unej.ac.id/index.php/s/x8oYCeKL4J8tQKJ

PEDOMAN BKD 2018

Link Unduhan : https://kawanda.unej.ac.id/index.php/s/kLI9c8oGGQ7sUVM

PENERIMA HIBAH PENELITIAN KELOMPOK RISET BATCH 1 TAHUN 2018

https://kawanda.unej.ac.id/index.php/f/1753087

PELANTIKAN PENGURUS BPM DAN BEM FAPERTA UNEJ TAHUN 2018

Pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta Universitas Jember yang telah terpilih digelar pada Selasa (27/3/2018).
Dekan Faperta Ir. Sigit Soeparjono, MS, PhD, melantik sebanyak 13 orang pengurus BPM dan 22 orang pengurus BEM di Aula Utama Gedung 3 Faperta.
Suasana khidmat terasa sejak lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan mengawali acara yang dimulai pada pukul 11.00 ini. Pelantikan ini terlaksana sesuai SK Dekan Faperta UNEJ nomor : 1815/UN.25.1.3/KM/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan BPM dan BEM Faperta UNEJ periode 2017 dan periode 2018. Usai mengucap janji pengurus secara serentak, ketua BPM Faperta UNEJ Frengky Dian Permana dan Ketua BEM Faperta UNEJ Muhammad Pandu Winata menandatangani berkas janji pengurus di hadapan Dekan, Wadek III Faperta UNEJ.
Ir. Sigit Soeparjono, MS, PhD., dalam sambutanya menyampaikan bahwa sejak pelantikan ini pengurus terpilih bertanggung jawab sebagai pimpinan BPM maupun BEM.
“Saudara adalah pemimpin kalangan mahasiswa di kampus ini dan Insya Allah saudara adalah pemimpin di masyarakat di masa yang akan datang. Saya berpesan jadilah teladan, jadilah rujukan bagi mahasiswa yang ada di Faperta UNEJ ini. Pengurus terpilih harus menjadi orang-orang yang memiliki ketahanan pribadi, ketahanan diri dan ketahanan sosial yang kuat sehingga bisa menjadi menjadi benteng utama terhadap berbagai pengaruh yang tidak menguntungkan bagi kehidupan remaja dan mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan akan menjadi unggul dan rujukan apabila para pemimpin organisasi itu adalah orang-orang unggul dan menjadi rujukan”, ujarnya.
Hadir pada pelantikan tersebut antara lain para Wakil Dekan III, Ketua Jurusan dilingkungan Faperta UNEJ, bagian akademik & kemahasiswaan serta pengurus BPM dan BEM tahun sebelumnya.

Galeri Foto :

DEKAN FAPERTA UNEJ MELEPAS 49 LULUSAN PADA YUDISIUM GELOMBANG V- T.A. 2017/2018

Fakultas Pertanian Universitas Jember pada hari Kamis, 29 Maret 2018 menyelenggarakan Yudisium. Acara dilaksanakan mulai pukul 08:00 WIB di ruang Hall Faperta. Kegiatan yudisium dihadiri oleh keseluruhan yudisiawan, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Pertanian dan undangan dengan agenda Pembacaan Keputusan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember No. 1901/UN25.1.3/SK/PS.8/2018 tentang Yudisium Program Magister dan Program Sarjana Fakultas Pertanian UNEJ periode V Tahun Akademik 2017/2018 disampaikan oleh Dr. Ir. Evitas Soliha Hani, MP – Wakil Dekan Bidang Akademik.
Pada periode Yudisium Periode V tahun ini, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember memberikan penghargaan kepada perolehan prestasi lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan IPK 3,70 kepada Saudari Dwi Putri Oktavia Damayanti, NIM. 131510501186 dari program Studi Agroteknologi, dan Luluk Rofiqoh, NIM. 131510601117 dari PS Agribisnis dengan IPK 3.71.
Pada kesempatan itu Ir. Sigit Soeparjono, MS, PhD. selaku Dekan Faperta UNEJ dalam sambutan di hadapan 49 yudisiawan, menyampaikan amanat bagi yudisiawan untuk terus menerus menuntut ilmu, dan jangan merasa puas akan apa yg telah kita miliki. Beliau meminta kepada seluruh yudisiawan selaku alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember untuk selalu berfikir positif dan menjaga sopan santun untuk terjaganya ilmu. Ilmu yang telah diberikan oleh dosen, serta membangun komunikasi yang baik dengan sesama alumni, dengan almamater Fakultas Pertanian khususnya dan juga almamater UNEJ pada umumnya, dan berbanggalah menjadi alumni UNEJ karena diluar sana masih banyak yang ingin kuliah di UNEJ.
Heru Suwignyo mewakili alumni menyampaikan rasa terima kasih kepada para dosen yang telah membina dan lembaga yang telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didiknya selama ini. “Mewakili para alumni yang dilepas periode ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh civitas akademika Faperta UNEJ yang telah mendampingi kamu hingga sampai saat pelepasan dan wisuda sabtu esok. Semoga kita selalu diingat akan segala kebaikan kita, dan dikenang akan prestasi kita”
Pelaksanaan yudisium kali ini diikuti oleh 48 yudisi program sarjana dan 1 yudisi dari program Magister. Tari Lambako dan Kesenian Tiban Suluh ikut memeriahkan prosesi yudisium.
Selanjutnya calon Wisudawan Wisudawati akan mengikuti prosesi Wisuda di Gedung Soetardjo Universitas Jember (Sabtu, 31 Maret 2018) dengan diarak dari Faperta dengan menggunkan mobil kayu milik Faperta oleh BEM dan Ormawa Faperta Universitas Jember.

Galeri Foto :

PENGUMUMAN MAGANG PROFESI PERIODE JULI-NOVEMBER 2018

Bagi Mahasiswa yang akan memprogramkan Magang Profesi pada Semester GASAL Tahun Akademik 2018/2019 harap SEGERA mendaftar ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Universitas Jember, pada JAM KERJA mulai hari KAMI8 21 Maret 2017 s/d SENIN, 2 APRIL 2018.
Syarat-syarat pendaftaran magang profesi:
1.Mengisi formulir yang disediakan (disetujui dosen wali).
2.Pada saat mendaftar telah menyelesaikan mata kuliah sebanyak 100 sks, dengan IPK ≥ 2,0 dan PP ≥ 85% (menyerahkan KHS terakhir).
3.Menyerahkan surat pernyataan bersedia memprogram dan melaksanakan kegiatan magang profesi pada Semester GASAL 2018/2019 sesuai peraturan pada Pedoman Magang Profesi Fakultas Pertanian Universitas Jember yang berlaku.
4.Menyerahkan surat pernyataan bersedia tinggal di wilayah kerja lokasi magang profesi dan melaksanakan ketentuan/peraturan yang berlaku di lokasi magang profesi, SERTA memiliki kartu peserta BPJS pada masa pelaksanaan magang profesi.
•Form pendaftaran magang profesi dan surat pernyataan dapat diunduh di : www.faperta.unej.ac.id
•Pembekalan direncanakan setelah UAS, Juni 2018, kecuali yang magang profesi khusus.
•Pada akhir pembekalan diberikan ujian pembekalan tentang: tata laksana magang profesi, pengetahuaan tentang lokasi magang, dan teori yang terkait dengan bidang pekerjaan yang akan dilakukan di tempat magang. Nilai ujian pembekalan menjadi bagian dari nilai akhir kegiatan magang profesi.
•Diharapkan sebelum pembekalan magang mahasiswa sudah mempelajari profil instasi/perusahaan tempat magang (bisa dari laporan magang profesi) dan teori-teori terkait dengan bidang pekerrjaan yang akan dikerjakan di instansi/perusahaan tempat magang profesi.
•Untuk pendidikan karakter kemandirian dan tanggung jawab dalam perencanaan/program, mahasiswa yang telah mendaftar Program Magang Profesi pada Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 (Juni-Nopember 2018), maka jika ia:
a) MENGUNDURKAN DIRI; atau
b) TIDAK MEMENUHI PERNYATAAN/ PAKTA INTEGRITAS MAGANG PROEFESI; atau
c) Tidak Mengikuti Pembekalan Magang; atau
d) Tidak Program KRS
e)Tidak melaksanakan Magang Profesi pada semester genap 2017/2018;
•Untuk pendidikan karakter ketangguhan, kemampuan adaptasi/siap bekerja dengan siapa saja dan dimana saja, maka lokasi dan kelompok mahasiswa magang profesi di luar daftar lokasi magang profesi yang boleh dipilih mahasiswa ditentukan oleh Komisi Magang Profesi.
•Magang Profesi adalah Mata Kuliah Unggulan Fakultas Pertanian Universitas Jember agar mahasiswa:
a) memiliki pengalaman bekerja secara profesional;
b) menunjukkan kompetensi/ profesionalitas mahasiswa di dunia kerja pertanian, sehingga menjadi SDM yang dibutuhkan oleh stakeholder tempat magang profesi;
c) mendapatkan ide/gagasan ilmiah untuk merancang Manajemen/ Teknologi yang dibutuhkan stakeholder tempat magang profesi.
Oleh karena itu mahasiswa wajib fokus pada implementasi kegiatan magang profesi dan dilarang keras melaksanakan kegiatan akademik lainnya (termasuk konsultasi langsung dengan dosen pembimbing skripsi/akademik).
•Mahasiswa yang berminat magang profesi ke:
a.Balai Besar Perbenihan & Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (magang mulai APRIL 2018, khusus mahasiswa yang semester ini tidak ada kuliah, Program Khusus Pendampingan Pertanian Organik di Lumajang)
b.Balai Besar Tanaman Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu (mulai September 2018 selama 3 bulan)
c.PT Astra Agrolestari/ Kebun Kelapa Sawit (Mulai Juli 2018 selama minimal 3 bulan)
d.PT Kusuma Agrowisata Batu Malang;
e.Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor (mulai September 2018);

Harap konsultasi dengan Komisi Magang pada jam kerja, paling lambat tanggal hari SENIN, 26 MARET 2018, PKL. 16.00 WIB atau via WA no. 085234867620 dengan menginformasikan: nama, nim, prodi, pilihan isntasi/perusahaan yang diminati dari 5 instansi/ perusahaan tersebut di atas.

Penanggung Jawab Magang Profesi
Wakil Dekan Bidang Akademik,

TTD

Dr.Ir.Evita Soliha Hani,M.P
NIP. 196309031990022001

Form Pendaftaran dan Pernyataan dapat diunduh disini

ASSESOR BAN PT RE-AKREDITASI PRODI S1 AGROTEKNOLOGI FAPERTA UNEJ

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.
Wakil Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar, PhD pada sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik. Hal itu disampaikan pada acara pertemuan Assesor BAN PT dalam rangka re akreditasi PS. Agroteknologi Fakultas Pertanian UNEJ , bertempat di Ruang Sidang Faperta UNEJ, (selasa, 13 Maret 2018).
BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar”. imbuhnya.
Pada kesempatan itu juga Assesor BAN PT, Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS yang didampingi oleh Dr. Ir. Tamad , MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Akreditasi BAN-PT bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Ada tiga kategori akreditasi yakni A untuk perguruan tinggi yang memiliki peringkat kelayakan tertinggi. Disusul dengan kategori B dan C”. Hasil peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini penting diketahui saat akan memilih perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Jurusan atau satuan pendidikan yang terakreditasi merupakan salah satu syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah” pungkasnya.
Pertemuan Assesor BAN PT di Fakultas Pertanian dihadiri oleh Wakil Rektor I UNEJ, Dekan, Wakil Dekan, Kajur/KPS, Guru Besar, Ketua BEM & BPM, serta Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Galeri Foto

MAGHFIROTUS SIBYAN JUARA I PILMAPRES 2018 TINGKAT FAKULTAS

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila.
Dalam rangka menumbuhkan daya kompetensi sesama mahasiswa untuk berprestasi, Fakultas Pertanian UNEJ menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2018, Sabtu (3/2) di Ruang Hall Faperta UNEJ.
Menurut Ketua Panitia Ir. Abdul Majid, M.P dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan seleksi ini diikuti sebanyak 10 orang yang sebelumnya telah lolos seleksi di tingkat program studi. Pada PILMAPRES 2018 ini akan diambil tiga orang pemenang, dimana pemenang utama akan mewakili Faperta mengikuti mawapres di tingkat Universitas Jember yang akan dilaksanakan mulai 12 Maret sampai 19 April 2018 meliputi Penilaian Karya Tulis Ilmiah, Penilaian Desk Evaluasi dan IPK, Penilaian Ringkasan Bahsa Inggris, Presentasi, Tutorial Bahasa Asing, Tutorial Kepribadian dan hasil penilaian terakhir adalah pengiriman Data Calon Pilmapres Tingkat Nasional.
Pada Waktu yang sama Wakil Dekan II Ir. R. Soedradjad, MT dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan Pilmapres 2018 merupakan ajang pencarian mahasiswa berprestasi dilingkungan Fakultas, mulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan pemilihan. Oleh sebab itu setiap prestasi yang dilampirkan tentunya akan menghasilkan point yang berbeda seperti apabila teman-teman mendapatkan juara satu tentunya akan mendapatkan point yang lebih tinggi.
“Harapan saya, harus tetap semangat, karena setelah ini, pemenang akan mengikuti proses seleksi selanjutnya, yakni tingkat Universitas dan Nasional apabila yang bersangkutan lolos”, lanjutnya mengakhiri pembicaraan.
Penilaian meliputi beberapa komponen, yakni IPK, karya tulis ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan dan tes Bahasa Inggris. Tim juri ada tiga orang terdiri dari Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M. Rur., Ir. Hari Purnomo, M.Si, Ph.D, DIC., Ir. Anang Syamsunihar, MP, Ph.D. Beliau adalah staf pengajar, sekaligus perwakilan dari masing-masing prodi yang kompeten di bidangnya. Melalui seleksi dengan ketat akhirnya juri menetapkan sebagai pemenang II adalah, diraih oleh Endang Setyoningsih juga dari PS. Agroteknologi dengan point 2799,59, juara III diraih oleh Dimas Brilian Syabar Pramana dari PS Agribisnis total nilai point 2581,28. Sedangkan juara utama diraih oleh Maghfirotus Sibyan NIM 161510501221 dari prodi Agroteknologi dengan karya ilmiahnya “Pemanfaatan Gulma Pistia statiotes L. Sebagai Fitoremediator dan Biofertilizer Guna Mengurangi Pencemaran di Lahan Sawah Berbasis Zero Waste” mendapat point 2812,29 dan berhak mengikuti Pilmapres tingkat Universitas.

SOSIALISASI PEMBENTUKAN KELOMPOK RISET (KeRis) UNIVERSITAS JEMBER

Materi Sosialisasi Pembentukan Kelompok Riset dapat diunduh dibawah ini :

1. Prosedur Operasi Standar Pembentukan Kelompok Riset Universitas Jember

2. Profil Kelompok Riset

STADIUM GENERAL MEMOTIVASI GENERASI MUDA FAPERTA UNIVERSITAS JEMBER

Generasi muda memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dikarenakan, merekalah yang nantinya akan memimpin bangsa ini.
Sehubungan dengan itu, Fakultas Pertanian UNEJ mempersembahkan sebuah acara bertajuk ‘Stadium General’ mengundang para alumni untuk memberikan wawasan tentang dunia kerja.
Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 8 Pebruari 2018 pukul 09.00-11.30 WIB di Ruang XI Faperta UNEJ.
Dalam sambutan pembukaan Ir. Sigit Soeparjono selaku Dekan Faperta menyampaikan bahwa kegiatan stadium general merupakan acara rutin yang dilaksanakan sebelum mahasiswa meninggalkan bangku kuliah sebagai bekal memasuki dunia diluar akademisi dan melalui acara ini kami sangat berharap mahasiswa bisa menjadi generasi penerus berkualitas, yang memiliki kecerdasan spiritual dan leadership, untuk membangun kejayaan Indonesia dan dapat merubah nasib negeri ini. Serta dapat menciptakan komunikasi dengan baik dengan Stekholder dimanapun berada.
Dekan Faperta lantas menambahkan, bahwa pihaknya juga terus berupaya menjalin kerjasama dengan stakeholder. Salah satu bukti nyata adalah kehadiran Direktur Texas English Course Jember merupakan alumni 1983 yang hari itu memaparkan prospek kerja di dunia Bisnis. “Kami senantiasa berupaya untuk membuka akses informasi kepada para lulusan agar masa tunggu kerja mereka semakin singkat. Kami memanfaatkan jaringan alumni yang sukses untuk memberikan inspirasi kepada para mahasiswa sehingga mereka memiliki sedikit gambaran bidang yang akan mereka tekuni nantinya,” tuturnya.
Acara ini diikuti oleh mahasiswa peserta yudisiawan dan yudisiawati periode IV Faperta UNEJ dari berbagai jurusan. Tentunya dengan tujuan agar memotivasi para mahasiswa agar menjadi generasi muda yang cerdas, kritis, dan berbudi luhur demi kemajuan bangsa.
Pembicara menjelaskan tentang peran pemuda dalam kemajuan bangsa, kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh anak muda, bagaimana kriteria pemimpin yang baik, rahasia menjadi orang sukses, berbagai pengalaman para pembicara, dan lain-lain. Mahasiswa tampak begitu antusias selama mengikuti acara ini dengan menyampaikan beberapa pertanyaan.

Galeri Foto :

YUDISIUM PERIODE IV TAHUN AKADEMIK 2017/2018 FAPERTA UNIVERSITAS JEMBER

Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik mulai dari awal masuk perguruan tinggi hingga selesai.
Sebanyak 68 mahasiswa terdiri dari 51 Program Studi Agroteknologi, 16 dari Program Studi Agribisnis dan 1 dari Program Magister Agronomi mengikuti yudisium periode III TA 2017/2018, pelaksanaan yudisium di Ruang Hall Faperta UNEJ, Jum’at (9/2/2018). Acara pengukuhan yudisium dipimpin langsung Dekan Fakultas Pertanian UNEJ, Ir. Sigit Soeparjono, MS., PhD.
Hadir seluruh wakil dekan, yakni Wakil Dekan I, Dr. Ir. Evita Soliha Hani, MP, Wakil Dekan II, Ir. R. Soedradjat, MT, Wakil Dekan III, Ir. Abdul Majid, MP, serta para ketua jurusan maupun prodi dan sejumlah dosen.
Pada sambutannya dekan menyampaikan bahwa mahasiswa yang di yudisium hari ini tidak lama lagi akan di wisuda, karena itu dia mengingatkan untuk tetap menjaga silaturahim dengan sesama alumni, juga dengan dosen maupun dengan masyarakat sekitar kita. Sigit Soeparjono juga meminta agar mahasiswa senantiasa dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran sebagai identitas alumni di kampus Universitas Jember.
“Pesan saya dan kami semua kepada peserta yudisium bahwa, darma bakti anda telah di tunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara, jangan pernah berhenti untuk belajar karena sumber belajar tidak hanya dari dosen dan kampus saja tetapi dari segala persoalan, kesukaran, lingkungan sekitar, juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan anda.” Imbuhnya.
Acara yudisium dan ramah tamah ini juga memberikan penghargaan kepada tiga orang mahasiswa yang berprestasi , yakni Yenni Prasyaning Prihartanti dengan IPK 3,65 dan Nihliatun Ni’mah dengan IPK 3.86 dari Prodi Agribisnis, serta Widya Irawati dengan IPK 3.86, dari Prodi Agroteknologi.

Galeri Foto :

Pelatihan Penyusunan Term Of Reference (TOR) ORMAWA 2018 FAPERTA UNEJ

Perencanaan yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan program kegiatan. Salah satu bagian penting dari perencanaan adalah adanya Term of Reference atau Kerangka Acuan Kerja (KAK).
Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mengelola anggaran kegiatan, Ormawa Fakultas Pertanian Universitas Jember menggelar Pelatihan Penyusunan Term of Reference (TOR), Rabu 31 Januari – 1 Pebruari 2018 di Ruang Hall Faperta Universitas Jember. Kegiatan ini diikuti oleh 16 Ormawa yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Jember dan sebagai nara sumber Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Soedradjad, M.T, (materi penyusunan TOR), Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Abdul Majid, M.P, (materi Pedoman Penyusunan Program Ormawa) dan materi Pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Universitas Jember, Ibu Fausta Maria Ratminiwati, S.H.
Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Sigit Soeparjono, MS, Ph.D. menyampaikan, “Kedepan tantangan di dunia pendidikan semakin tinggi. Kegiatan jangan hanya berbasis anggaran fakultas, namun mahasiswa dituntut untuk mampu meraih prestasi melalui program kreativitasnya.”
“Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat menumbuhkan motivasi bagi para pengurus Ormawa untuk meraih prestasi non akademik dan mengembangkan Ormawa masing-masing untuk kemajuan organisasi khususnya dan kemajuan FAPERTA UNEJ pada umumnya” imbuhnya.
Kegiatan penyusunan TOR berlanjut hingga hari ke dua dan para peserta melakukan presentasi atas pekerjaan yang akan dilakukannya. Para peserta juga mendapatkan pemahaman tentang bagaimana membayar pajak yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Universitas Jember, Ibu Fausta Maria Ratminiwati, S.H.

Galeri Foto

PELANTIKAN ORMAWA FAKULTAS PERTANIAN UNEJ PERIODE 2018

Bertempat di Aula Utama Fakultas Pertanian Universitas Jember (UNEJ) pada Kamis 26 Januari 2018 mulai pukul 11.00 WIB dilangsungkan pelantikan kepengurusan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Faperta UNEJ periode 2018.
Pada acara ini dihadiri oleh Dekan Ir. Sigit Soeparjono, MS., PhD, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Dosen, Kabag, Kasubbag dan undangan lainnya dilingkungan Fak. Pertanian UNEJ.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Surat Keputusan Dekan yang dibacakan oleh Dra Prihandini selaku Kasubag Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Pembacaan Janji Pengurus DPM, BEM, dan UKM, Penandatangan Janji Pengurus Baru, Pelantikan dan kata-kata pelantikan serta sambutan oleh Dekan.
Dalam sambutannya Dekan, menuturkan agar para pengurus DPM, BEM, dan UKM tidak melupakan kegiatan akademiknya meskipun aktif dalam organisasi.
“Atas nama Pimpinan Fakultas Pertanian Universitas Jember perkenankan kami menyampaikan ucapan selamat kepada saudara-saudara yang pada tahun 2018 ini telah diberi amanah oleh para mahasiswa di masing-masing organisasi DPM, BEM, maupun UKM untuk mengemban tampuk pimpinan selama satu tahun, mudah-mudahan saudara-saudara semua bisa mengemban amanat ini sebaik-baiknya sesuai dengan janji yang telah diikrarkan. Terimakasih pada pengurus yang telah berkhidmad ditahun 2017 baik DPM, BEM, maupun UKM. Berbagai prestasi ditorehkan dari berbagai ormawa yang sudah mampu meningkat kan kinerja kemahasiswaan, para pengurus lama telah mempersiapkan penerusnya.”
Setelah pembacaan doa, acara diakhiri dengan jabat tangan pemberian selamat kepada para pengurus baru.

PANDUAN PELAKSANAAN MAGANG PROFESI

Panduan Pelaksanaan Magang Profesi ini Digunakan sebagai Petunjuk Pelaksanaan Magang Profesi bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Sebagai matakuliah wajib fakultas Program Sarjana S1, magang profesi wajib dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember Program Sarjana S1, baik dari Program Studi  Agroteknologi maupun Agribisnis dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dapat memprogram matakuliah Magang Profesi  apabila telah mengumpul-kan sekurang-kurangnya 100 SKS dengan IPK ≥ 2,0 dan PP ≥  85%.
  2. Mahasiswa yang akan melaksanakan magang profesi wajib memprogramkan magang profesi pada semester pelaksanaan magang profesi.
  3. Magang Profesi diprogramkan pada semester gasal dan genap, yang pelaksanaannya dapat dilakukan pada masa liburan akademik.
  4. Apabila Magang profesi dilaksanakan pada waktu liburan akhir tahun akademik (Juli – Agustus), maka mahasiswa boleh menempuh SKS sesuai dengan IP yang diperoleh. Jika dilaksanakan pada libur antar semester (Januari-Pebruari), tidak boleh memprogramkan kegiatan perkuliah semester genap.
  5. Pada saat melaksanakan kegiatan Magang Profesi, mahasiswa tidak boleh melaksanakan kegiatan: perkuliahan/Kuliah Kerja/Skripsi.
  6. Magang Profesi dilaksanakan sekurang-kurangnya selama 45 hari disesuaikan dengan kondisi lapangan dan atau  jenis  pekerjaan yang dipilih.
  7. Magang Profesi dilaksanakan pada lembaga/instansi pemerintah atau swasta yang berbadan hukum yang berbasis/ mengelola  bidang pertanian.
  8. Tempat magang profesi ditentukan oleh komisi magang profesi,
  9. Setiap mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing magang yang ditetapkan oleh Dekan Fakultas Pertanian atas usulan   Komisi Magang Profesi dan instruktur  dari instansi tempat magang yang diberi kewenangan oleh pimpinan instansi tempat magang
  10. Biaya Magang Profesi Tahun 2017 bagi mahasiswa angakatan tahun 2012 dan sebelumnya ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan,  besarnya  ditetapkan  oleh Komisi Magang, dan pengelolaannnya oleh Komisi Magang. Fakultas membantu biaya administrasi, sedang untuk mahasiswa angkatan tahun 2013 dibiayai DIPA Fakultas Pertanian Universitas Jember tahun Anggaran 2017.
  11. Peserta magang Profesi wajib mengikuti pembekalan magang sebelum pelaksanaan magang pada semester yang diprogramkan. Jika program Magang Profesi batal dilaksanakan padahal sudah diprogramkan, maka mahasiswa tersebut wajib mengikuti pembekalan lagi jika memprogramkan lagi Magang Profesi.

Hal-hal  yang belum tercantum dalam ketentuan umum ini akan diatur tersendiri dan diinformasikan kemudian oleh Komisi Magang Profesi .

Daftar peserta_magang_Des2017_Jan2018_Komisi

Form -1 Bukti Kelengkapan Nilai Magang Profesi

Form -2 Nama Instruktur Magang Profesi

Form pendaftaran dan pernyataan MP GENAP 2017-18

Pengumuman Pelaporan Magang Profesi 2018

Pernyataan Mahasiswa Magang Profesi