Event FoSSA 2017

Event FoSSA 2017 »

Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian

Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian »

Tes Uji Kompetensi

Kerjasama FAPERTA UNEJ dengan BNSP »

Pembuatan bibit jamur tiram

Pembuatan bibit jamur tiram »

Suasana perkuliahan Pasca sarjana

Suasana perkuliahan Pasca sarjana »

Yudisium Fakultas Pertanian

Yudisium Fakultas Pertanian »

Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2)

Fakultas Pertanian Universitas Jember Tahun Akademik 2017/2018 »

Inagurasi PK2

»

 

WORKSHOP SINKRONISASI KURIKULUM PRODI BARU, 12-14 SEPTEMBER 2017

YUDISIUM CALON WISUDAWAN PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PENUTUPAN TES UJI KOMPETENSI (TUK) – BNSP

P2MABA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Jadwal dan Pemateri P2MABA 2017 new

PEMBAGIAN KELOMPOK PK2 MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Disampaikan dengan hormat kepada mahasiswa baru peserta kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Fakultas Pertanian Universitas Jember Tahun Akademik 2017/2018 bahwa pembagian kelompok dapat diunduh pada link di bawah ini :

Kelompok 1_Ruang VII

Kelompok 2_Ruang VIII

Kelompok 3_Ruang IX

Kelompok 4_Ruang X

Kelompok 5_Ruang XI & XII

Kelompok 6_Ruang Hall

Halal Bihalal Keluarga Besar Fakultas Pertanian Universitas Jember 1438 H

Mari kita lebur segala kesalahan dan dosa-dosa, baik yang berhubungan dengan Alloh maupun dosa-dosa yang berhubungan dengan sesama manusia, sebagai buah dari puasa romadhon kita. Oleh sebab itu bila kita merasa mempunyai kesalahan dengan orang lain , janganlah segan-segan minta maaf dan ridhonya, sebab sekecil apapun nilai kesalahan akan dituntut dihadapan Alloh hakim Yang Maha Adil, bila belum kita mintakan maaf dan ridhonya dari orang yang bersngkutan. Karena itu janganlah sekali kali meremehkan kesalahan yang pernah kita perbuat pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Segeralah minta maaf, lebih-lebih pada momen yang tepat seperti ini. Sebaliknya bila kita dimintai maaf oleh yang pernah berbuat kesalahan dengan kita, janganlah berkeras hati, angkuh pendirian , kaku, tidak mau memaafkan orang lain. Sifat tercela seperti itu hendaknya lekas dibuang jauh-jauh. Itu adalah kesombongan, Alloh SWT saja mau memaafkan hambanya. Itulah sekelumit harapan KH. Badrus Shodiq dalam tausiyahnya pada acara Halal bihalal  Keluarga Besar Faklutas Pertanian UNEJ, dihadapan civitas akademika mulai Dekan, Wakil Dekan , hingga dosen, karywan dan para purna Tugas.  Kegiatan Halal bihalal  juga dimeriahkan dengan penampilan grup Hadrah Nur Iman yang semua anggotanya adalah karyawan di lingkungan Universitas Jember.
Sementara itu dalam sambutannya, Sigit Soeparjono, dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember mengharapkan acara Halal Bihalal ini diharapkan  menjadi sarana bagi keluarga besar Fakultas Pertanian UNEJ untuk merekatkan silaturrahim. “Tradisi Halal Bihalal  ini sudah kita jalankan bertahun-tahun dan terus kita lestarikan, sebab menjadi sarana silaturrahim untuk memperkuat tali persaudaraan, sesuai dengan tema acara Halal Bihalal Keluarga Besar UNEJ “ Satukan Tangan, Teguhkan Hati di Hari Kemenangan Untuk Saling Memaafkan” Semoga tahun depan kita masih dapat bertemu lagi dengan bulan ramadhan. Harapan kita semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung setelah menjalani Ibadah puasa romadhon selama satu bulan penuh. Amiin ya Robbal ’alamiin.” katanya.

Memperkenalkan “Harmoni”

Harmoni merupakan aplikasi berbasis web yang berguna untuk mencatat semua aktivitas akademik yang telah dilakukan. Dari pencatatan aktivitas tersebut nantinya dapat dijadikan dasar untuk mengukur kinerja tenaga pengajar dan tenaga kependidikan.

Adapun Harmoni dibagi menjadi 3 aplikasi dengan fitur sebagai berikut :

  1. Harmoni untuk Dosen
    • Melihat jadwal mengampu per semester
    • Melihat presensi mengajar dari presensi finger print
    • Mencatat hasil Penelitian
    • Mencatat hasil Luaran Penelitian
    • Mencatat hasil Pengabdian
    • Mencatat SKP

     

  2. Harmoni untuk Staf
    • Mencatat SKP
    • Mencatat Catatan Harian Kerja
    • Verifikasi Catatan Harian Kerja oleh Atasan Langsung

     

  3. Harmoni
    Aplikasi ini khusus digunakan oleh Sub Bagian Kepegawaian untuk manajemen data-data pegawai yang nantinya dijadikan acuan oleh aplikasi-aplikasi lain yang berhubungan dengan pegawai

 

Semoga dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut diatas bisa menambah manfaat dan efisiensi dalam bekerja

Mulai sekarang Harmoni bisa diakses di alamat http://harmoni.faperta.unej.ac.id

Jika koneksi internet menggunakan jalur internet Universitas Jember dan tidak bisa mengakses alamat diatas silahkan mengakses menggunakan alamat http://172.19.6.2

 

PENGUMUMAN MAGANG PROFESI DESEMBER 2016

pengumuman-pendaftaran-mp-smt-genap-2016-17_001

form-pendaftaran-dan-pernyataan-mp-smt-genap-2016-17

matriks-program-kegiatan-mawa-faperta-pnbp-2018

stakeholder-yang-boleh-diipilih-mahasiswa

 

Komunitas Sehat Universitas Jember Sebagai Ajang Silaturahmi

13324110_10205960788130051_1745262894_oJember, 27 Mei 2016

Sejumlah karyawan Universitas Jember terlihat sangat bersemangat mengikuti gerak senam yang diperagakan oleh instruktur senam. Acara ini merupakan agenda rutin dari komunitas sehat Universitas Jember yang pada kali ini digelar di Fakultas Pertanian Universitas Jember, (27/5).

Banyak diantara mereka merupakan para pensiunan yang dulunya merupakan karyawan di lingkungan Universitas Jember. Ajang senam sehat yang digelar setiap bulan pada hari jumat minggu ke 3 tidak hanya sekedar olahraga bersama namun juga menjadi ajang silaturahmi dan nostalgia bersama kawan lama.

Seperti yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Jani Januar, MT, dirinya yang masih aktif bersama para pensiunan sangat menikmati acara senam bersama warga Universitas Jember ini.

“Sebuah kebahagiaan buat saya khususnya Fakultas Pertanian Universitas Jember ternyata para civitas akademika sangat antusias mengikuti Komunitas Sehat utamanya para purna tugas yang masih eksis, sehingga acara ini merupakan ajang silaturahmi bagi yang pensiun dengan yang masih aktif dengan bisa melakukan aktivitas senam bersama-sama,” ujarnya

Disamping itu Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini adalah merupakan agenda kumpul-kumpul bersama purna tugas, para pimpinan dan karyawan guyub rukun bersama melakukan senam untuk menjaga kesehatan kita juga lebih fress dalam bekerja, sehingga dapat membangun Universitas Jember kedepan lebih baik. Harapan kedepannya kegiatan jumat pagi ini tidak hanya diminati oleh dosen dan karyawan namun mahasiswa juga.” paparnya.

Selain dimeriahkan dengan iringan musik  juga disediakan stand-stand makanan serta stand  untuk periksa kesehatan yang melayani secara gratis, dan berbagai macam door prize.

Pendaftaran Magang Profesi Semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017

Bagi Mahasiswa yang akan memprogramkan Magang Profesi pada Semester GANJIL Tahun Akademik 2016/2017 harap SEGERA mendaftar ke Bagian Akademik Fakultas Pertanian Universitas Jember, pada JAM KERJA mulai hari SELASA 26 APRIL 2016 s/d  JUM’AT, 29 APRIL  2016.

Syarat-syarat pendaftaran magang profesi:

  1. Mengisi formulir yang disediakan (disetujui dosen wali).
  2. Pada saat mendaftar telah menyelesaikan mata kuliah sebanyak 100 sks, dengan IPK ≥ 2,0 dan PP ≥ 85% (menyerahkan KHS terakhir).
  3. Menyerahkan surat pernyataan bersedia memprogram dan melaksanakan kegiatan magang profesi pada Semester Ganjil 2016/2017 sesuai peraturan pada Pedoman Magang Profesi Fakultas Pertanian Universitas Jember yang berlaku.
  4. Menyerahkan surat pernyataan bersedia tinggal di wilayah kerja lokasi magang profesi dan melaksanakan ketentuan/peraturan yang berlaku di lokasi magang profesi.
  5. Angkatan 2012 dan sebelumnya, menyerahkan kwitansi pembayaran dana kesiapan melaksanakan magang profesi sebesar Rp 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah), dari Bagian Keuangan Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan :

  • Form pendaftaran magang profesi dan surat pernyataan dapat didownload di faperta.unej.ac.id
  • Pembekalan direncanakan tanggal 18 Juni 2016/setelah UAS.
  • Pada akhir pembekalan diberikan ujian pembekalan tentang: tata laksana magang profesi, pengetahuaan tentang lokasi magang, dan teori yang terkait dengan bidang pekerjaan yang akan dilakukan di tempat magang. Nilai ujian pembekalan menjadi bagian dari nilai akhir kegiatan magang profesi.
  • Diharapkan sebelum pembekalan magang mahasiswa sudah mempelajari profil instasi/perusahaan tempat magang (bisa dari laporan magang profesi) dan teori-teori terkait dengan bidang pekerrjaan yang akan dikerjakan di instansi/perusahaan tempat magang profesi

Bagi mahasiswa yang ingin melakukan konsultasi mengenai magang prosfesi, dipersilahkan hadir pada Hari Kamis, 28 April 2016, Pukul 19.00 wib di Ruang X.

Berkas Pendukung :

Kejujuran dan kesabaran Kunci Kemajuan Dan Kesuksesan

studium generalKejujuran dan kesabaran merupakan kunci dan syarat utama untuk mewujudkan pembangunan karakter bangsa dan integritas pribadi. Tanpa kejujuran dan kesabaran, sulit bagi sebuah bangsa untuk maju. Demikian juga dalam kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja, kejujuran dan kesabaran merupakan syarat utama untuk mencapai prestasi.  Diantara ciri-ciri orang yang jujur adalah memiliki kepercayaan diri (self-confidence), otonomi yang bagus, mengenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri serta memiliki keseimbangan antara  rasio dan emosi, dzikir dan fikir, serta antara indera dan intuisi.

Demikian salah satu kesimpulan dari acara Stadium General yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian UNEJ dengan nara sumber Ir. Hendriyanto, MP., pada hari Kamis, 14 April 2016 di Ruang sidang Faperta, acara ini diikuti 53 mahasiswa calon Yudisiwan dalam rangka Pemberian Bekal Wawasan Tentang Dunia Kerja.

Dalam pemaparannya menurut Manager Kebun Silosanen PTPN XII ini pria yang juga alumni Fakperta UNEJ, juga menjelaskan bahwa dalam memasuki dunia kerja hendaknya ditanamkan rasa jujur dan sabar karena dengan dua bekal itu maka pekerjaan akan lancar dan sukses dengan sendirinya dengan ditopang oleh hasil selama mengenyam  pendidikan yang diraih selama dibangku perkuliahan.

Dr. Ir. Jani Januar, MT., selaku Dekan Fakultas Pertanian UNEJ dalam sambutannya mengatakan bahwa stadium general merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap sebelum acara yudisium. “Telah menjadi tradisi di Fakultas Pertanian UNEJ untuk memberi bekal kepada para yudisium dalam rangka memasuki dunia kerja, ungkapnya sambil menambahkan tema stadium general kali ini adalah “Pemberian Bekal Wawasan Tentang Dunia Kerja”.

Acara yang berlangsung selama tiga  setengah jam tersebut semakin marak ketika Dr. Ir. Sigit Soeparjono, MS selaku Ketua Alumni Faperta UNEJ bertindak sebagai moderator membuka sesi tanya jawab. Antusiasme dan semangat yudisiwan untuk bertanya sangat tinggi.