News

JARING MAHASISWA PRESTASI FAPERTA UNEJ GELAR PILMAPRES 2019

[:en]Demi meningkatkan potensi dan kemampuan mahasiswa, Fakultas Pertanian Universitas Jember menyelengarakan Pemilihan Mahasiswa Berperestasi (Pilmapres) Tingkat Fakultas, Kamis (28/2/2019).
Ir. Sigit Soeparjono selaku Dekan Faperta, dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa
pemilihan mahasiswa berprestasi memang dilakukan setiap tahun, namun bukan berarti sekadar rutinitas. Mahasiswa juga dituntut memiliki hard skill maupun soft skill lantaran kedua poin itu menjadi tolak ukur pemilihan.
Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaring serta menyeleksi mahasiswa yang memiliki potensi akademik untuk dapat mewakili Fakultas , universitas hingga Nasional.
Lebih lanjut dikatakan P. Sigit, pelaksanaan Pilmapres juga berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing mahasiswa Faperta UNEJ antar Program Studi dan Fakultas. Dan diharapkan untuk tahun mendatang akan dilaksanakan seleksi antar jurusan.
“Selain mencari mahasiswa yang berpotensi secara akademik di tingkat universitas, Pilmapres ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa Faperta dengan mahasiswa fakultas lainnya, sehingga, mahasiswa yang meraih peringkat satu akan mewakili universitas di tingkat Nasional,” ucapnya.
Menurut Ketua Pelaksana Pilmapres 2019, Ir. Abdul Majid, MP melaporkan bahwa kegiatan Pilmapres 2019 di Fakultas Pertanian diikuti 4 peserta yang akan diseleksi untuk mengikuti Pilmapres di tingkat Universitas yang akan dilaksanakan pada 11 Maret s/d 18 April 2019dan apabila lolos seleksi tingkat universitas akan mengikuti pilmapres tingkat Nasional.
Sementara itu, Maghfiratus Sibyan mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi mengaku keikutsertaannya merupakan upaya untuk meningkatkan potensi diri dalam bidang akademik.
“Untuk terpilih menjadi Mapres Faperta UNEJ tentu bukan hal yang mudah, Kita harus mempersiapkan diri baik dari segi akademik maupun non akademik. Salah satunya adalah pemahaman mengenai karya tulis serta kemampuan berbahasa Inggris,” ujar Maghfiratus yang merupakan runner-up Pilmapres 2019.
Adapun perwakilan tingkat fakultas ke tingkat Universitas antara lain Maghfiratus Sibyan (Agroteknologi) Juara I, Muhammad Imron Fauzi (Agroteknologi) juara II, Silvia Dini Kunanti (Agribisnis) juara III, Ayunda Rachmawati (Agroteknologi) juara Harapan I.
Pilmapres 2019 ini melibatkan beberapa Dewan Juri yakni Dr.Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur. M. (Ketua Prodi Magister Agribisnis), Wahyu Indra Duwi Fanata SP., M.Sc., Ph.D., Mohammad Ubaidillah S.Si., M.Agr., Ph.D., (Dosen PS Agroteknologi Faperta UNEJ)[:]