FAPERTA BERSIH-BERSIH, Jum’at, 17 Maret 2017

Dalam rangka membangun kampus FAPERTA yang hijau dan bersih (FAPERTA GREEN AND CLEAN), maka pada hari Jumat tanggal 17 Maret 2017, Fakultas Pertanian Universitas Jember melakukan program JUMSIH atau Jumat Bersih.
Kegiatan ini dilakukan oleh para Tenaga Kependidikan di Lingkungan Faperta UNEJ, dan diikuti pula oleh sebagaian Tenaga Pengajar di lingkungan Faperta UNEJ. Acara dilakukan dengan melakukan bersih-bersih di sekitar lingkungan kampus.
Kegiatan Jum’at bersih merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Jember Pelaksanaan kegiatan kerja bhakti dipimpin langsung oleh Ir. Sigit Soeparjono, MS. PhD. selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember.  Kegiatan  ini tidak hanya dilakukan oleh staf di Faperta Universitas Jember namun juga melibatkan pimpinan juga dosen Faperta Universitas Jember.
Tujuan dari kegiatan ini yang utama adalah memelihara dan menjaga lingkungan kantor supaya terlihat indah, rapi, bersih, dan sehat. Dengan halaman yang cukup luas, memang dibutuhkan keberlanjutan dalam pemeliharaan demi kenyamanan mahasiswa dalam menempuh ilmu.
Dalam pandangannya, Ir. Sigit Soeparjono, MS. Ph.D selain dari pemeliharaan lingkungan kantor, ada sisi lain yang muncul dalam kegiatan kerja bhakti ini. Yang pertama adalah untuk membangun kebersamaan diantara keluarga besar Fakultas Pertanian UNEJ. Kedua, dengan lingkungan yang bersih akan nilai lebih dalam kenyamanan anak didik untuk belajar menimba ilmu khususnya di fakultas Pertanian Unej.
“Sekelumit kegiatan kecil yang dilaksanakan, semoga membawa manfaat yang besar bagi masyarakat pada umumnya untuk menciptakan kampus hijau”. Imbuhnya.
Hal ini dimaksudkan agar setiap elemen inti kampus  terlibat aktif dalam upaya meningkatkan kebersihan lingkungan kampus. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus memupuk kesadaran setiap individu dalam menjaga kebersihan lingkungan kampus.
Dalam sela –sela kegiatan Dekan menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah mendorong gaya hidup bersih dan hijau bagi seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian. Sehingga diharapkan, muncul dorongan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan Kampus. Selain itu, diharapkan muncul pula keingingan untuk terus menjaga hijaunya lingkungan Kampus  ataupun pula menjadi keindahan dan kebersihan ruang-ruang hijau yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian UNEJ.
Gaya hidup bersih ini, harapannya juga akan menular para perilaku sehari-hari, yaitu ikut menjaga kebersihan ruang kerja/kantor, hemat air kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, hemat listrik dan lain-lain. Asa lebih jauh, tentunya adalah perilaku positif ini juga menular kepada mahasiswa Fakultas Pertanian UNEJ, sehingga bersama-sama dapat mewujudkan suasana dan kondisi belajar yang nyaman, segar, hijau dan kondusif untuk melahirkan karya-karya ilmiah terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *