MAGHFIROTUS SIBYAN JUARA I PILMAPRES 2018 TINGKAT FAKULTAS

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila.
Dalam rangka menumbuhkan daya kompetensi sesama mahasiswa untuk berprestasi, Fakultas Pertanian UNEJ menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2018, Sabtu (3/2) di Ruang Hall Faperta UNEJ.
Menurut Ketua Panitia Ir. Abdul Majid, M.P dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan seleksi ini diikuti sebanyak 10 orang yang sebelumnya telah lolos seleksi di tingkat program studi. Pada PILMAPRES 2018 ini akan diambil tiga orang pemenang, dimana pemenang utama akan mewakili Faperta mengikuti mawapres di tingkat Universitas Jember yang akan dilaksanakan mulai 12 Maret sampai 19 April 2018 meliputi Penilaian Karya Tulis Ilmiah, Penilaian Desk Evaluasi dan IPK, Penilaian Ringkasan Bahsa Inggris, Presentasi, Tutorial Bahasa Asing, Tutorial Kepribadian dan hasil penilaian terakhir adalah pengiriman Data Calon Pilmapres Tingkat Nasional.
Pada Waktu yang sama Wakil Dekan II Ir. R. Soedradjad, MT dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan Pilmapres 2018 merupakan ajang pencarian mahasiswa berprestasi dilingkungan Fakultas, mulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan pemilihan. Oleh sebab itu setiap prestasi yang dilampirkan tentunya akan menghasilkan point yang berbeda seperti apabila teman-teman mendapatkan juara satu tentunya akan mendapatkan point yang lebih tinggi.
“Harapan saya, harus tetap semangat, karena setelah ini, pemenang akan mengikuti proses seleksi selanjutnya, yakni tingkat Universitas dan Nasional apabila yang bersangkutan lolos”, lanjutnya mengakhiri pembicaraan.
Penilaian meliputi beberapa komponen, yakni IPK, karya tulis ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan dan tes Bahasa Inggris. Tim juri ada tiga orang terdiri dari Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M. Rur., Ir. Hari Purnomo, M.Si, Ph.D, DIC., Ir. Anang Syamsunihar, MP, Ph.D. Beliau adalah staf pengajar, sekaligus perwakilan dari masing-masing prodi yang kompeten di bidangnya. Melalui seleksi dengan ketat akhirnya juri menetapkan sebagai pemenang II adalah, diraih oleh Endang Setyoningsih juga dari PS. Agroteknologi dengan point 2799,59, juara III diraih oleh Dimas Brilian Syabar Pramana dari PS Agribisnis total nilai point 2581,28. Sedangkan juara utama diraih oleh Maghfirotus Sibyan NIM 161510501221 dari prodi Agroteknologi dengan karya ilmiahnya “Pemanfaatan Gulma Pistia statiotes L. Sebagai Fitoremediator dan Biofertilizer Guna Mengurangi Pencemaran di Lahan Sawah Berbasis Zero Waste” mendapat point 2812,29 dan berhak mengikuti Pilmapres tingkat Universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *