Pelatihan Penyusunan Term Of Reference (TOR) ORMAWA 2018 FAPERTA UNEJ

Perencanaan yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan program kegiatan. Salah satu bagian penting dari perencanaan adalah adanya Term of Reference atau Kerangka Acuan Kerja (KAK).
Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mengelola anggaran kegiatan, Ormawa Fakultas Pertanian Universitas Jember menggelar Pelatihan Penyusunan Term of Reference (TOR), Rabu 31 Januari – 1 Pebruari 2018 di Ruang Hall Faperta Universitas Jember. Kegiatan ini diikuti oleh 16 Ormawa yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Jember dan sebagai nara sumber Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Soedradjad, M.T, (materi penyusunan TOR), Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Abdul Majid, M.P, (materi Pedoman Penyusunan Program Ormawa) dan materi Pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Universitas Jember, Ibu Fausta Maria Ratminiwati, S.H.
Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Ir. Sigit Soeparjono, MS, Ph.D. menyampaikan, “Kedepan tantangan di dunia pendidikan semakin tinggi. Kegiatan jangan hanya berbasis anggaran fakultas, namun mahasiswa dituntut untuk mampu meraih prestasi melalui program kreativitasnya.”
“Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat menumbuhkan motivasi bagi para pengurus Ormawa untuk meraih prestasi non akademik dan mengembangkan Ormawa masing-masing untuk kemajuan organisasi khususnya dan kemajuan FAPERTA UNEJ pada umumnya” imbuhnya.
Kegiatan penyusunan TOR berlanjut hingga hari ke dua dan para peserta melakukan presentasi atas pekerjaan yang akan dilakukannya. Para peserta juga mendapatkan pemahaman tentang bagaimana membayar pajak yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Universitas Jember, Ibu Fausta Maria Ratminiwati, S.H.

Galeri Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *