Monthly Archives: March 2018

PENGUMUMAN MAGANG PROFESI PERIODE JULI-NOVEMBER 2018

Bagi Mahasiswa yang akan memprogramkan Magang Profesi pada Semester GASAL Tahun Akademik 2018/2019 harap SEGERA mendaftar ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Universitas Jember, pada JAM KERJA mulai hari KAMI8 21 Maret 2017 s/d SENIN, 2 APRIL 2018.
Syarat-syarat pendaftaran magang profesi:
1.Mengisi formulir yang disediakan (disetujui dosen wali).
2.Pada saat mendaftar telah menyelesaikan mata kuliah sebanyak 100 sks, dengan IPK ≥ 2,0 dan PP ≥ 85% (menyerahkan KHS terakhir).
3.Menyerahkan surat pernyataan bersedia memprogram dan melaksanakan kegiatan magang profesi pada Semester GASAL 2018/2019 sesuai peraturan pada Pedoman Magang Profesi Fakultas Pertanian Universitas Jember yang berlaku.
4.Menyerahkan surat pernyataan bersedia tinggal di wilayah kerja lokasi magang profesi dan melaksanakan ketentuan/peraturan yang berlaku di lokasi magang profesi, SERTA memiliki kartu peserta BPJS pada masa pelaksanaan magang profesi.
•Form pendaftaran magang profesi dan surat pernyataan dapat diunduh di : www.faperta.unej.ac.id
•Pembekalan direncanakan setelah UAS, Juni 2018, kecuali yang magang profesi khusus.
•Pada akhir pembekalan diberikan ujian pembekalan tentang: tata laksana magang profesi, pengetahuaan tentang lokasi magang, dan teori yang terkait dengan bidang pekerjaan yang akan dilakukan di tempat magang. Nilai ujian pembekalan menjadi bagian dari nilai akhir kegiatan magang profesi.
•Diharapkan sebelum pembekalan magang mahasiswa sudah mempelajari profil instasi/perusahaan tempat magang (bisa dari laporan magang profesi) dan teori-teori terkait dengan bidang pekerrjaan yang akan dikerjakan di instansi/perusahaan tempat magang profesi.
•Untuk pendidikan karakter kemandirian dan tanggung jawab dalam perencanaan/program, mahasiswa yang telah mendaftar Program Magang Profesi pada Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 (Juni-Nopember 2018), maka jika ia:
a) MENGUNDURKAN DIRI; atau
b) TIDAK MEMENUHI PERNYATAAN/ PAKTA INTEGRITAS MAGANG PROEFESI; atau
c) Tidak Mengikuti Pembekalan Magang; atau
d) Tidak Program KRS
e)Tidak melaksanakan Magang Profesi pada semester genap 2017/2018;
•Untuk pendidikan karakter ketangguhan, kemampuan adaptasi/siap bekerja dengan siapa saja dan dimana saja, maka lokasi dan kelompok mahasiswa magang profesi di luar daftar lokasi magang profesi yang boleh dipilih mahasiswa ditentukan oleh Komisi Magang Profesi.
•Magang Profesi adalah Mata Kuliah Unggulan Fakultas Pertanian Universitas Jember agar mahasiswa:
a) memiliki pengalaman bekerja secara profesional;
b) menunjukkan kompetensi/ profesionalitas mahasiswa di dunia kerja pertanian, sehingga menjadi SDM yang dibutuhkan oleh stakeholder tempat magang profesi;
c) mendapatkan ide/gagasan ilmiah untuk merancang Manajemen/ Teknologi yang dibutuhkan stakeholder tempat magang profesi.
Oleh karena itu mahasiswa wajib fokus pada implementasi kegiatan magang profesi dan dilarang keras melaksanakan kegiatan akademik lainnya (termasuk konsultasi langsung dengan dosen pembimbing skripsi/akademik).
•Mahasiswa yang berminat magang profesi ke:
a.Balai Besar Perbenihan & Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (magang mulai APRIL 2018, khusus mahasiswa yang semester ini tidak ada kuliah, Program Khusus Pendampingan Pertanian Organik di Lumajang)
b.Balai Besar Tanaman Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu (mulai September 2018 selama 3 bulan)
c.PT Astra Agrolestari/ Kebun Kelapa Sawit (Mulai Juli 2018 selama minimal 3 bulan)
d.PT Kusuma Agrowisata Batu Malang;
e.Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor (mulai September 2018);

Harap konsultasi dengan Komisi Magang pada jam kerja, paling lambat tanggal hari SENIN, 26 MARET 2018, PKL. 16.00 WIB atau via WA no. 085234867620 dengan menginformasikan: nama, nim, prodi, pilihan isntasi/perusahaan yang diminati dari 5 instansi/ perusahaan tersebut di atas.

Penanggung Jawab Magang Profesi
Wakil Dekan Bidang Akademik,

TTD

Dr.Ir.Evita Soliha Hani,M.P
NIP. 196309031990022001

Form Pendaftaran dan Pernyataan dapat diunduh disini

MAGHFIROTUS SIBYAN JUARA I PILMAPRES 2018 TINGKAT FAKULTAS

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila.
Dalam rangka menumbuhkan daya kompetensi sesama mahasiswa untuk berprestasi, Fakultas Pertanian UNEJ menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2018, Sabtu (3/2) di Ruang Hall Faperta UNEJ.
Menurut Ketua Panitia Ir. Abdul Majid, M.P dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan seleksi ini diikuti sebanyak 10 orang yang sebelumnya telah lolos seleksi di tingkat program studi. Pada PILMAPRES 2018 ini akan diambil tiga orang pemenang, dimana pemenang utama akan mewakili Faperta mengikuti mawapres di tingkat Universitas Jember yang akan dilaksanakan mulai 12 Maret sampai 19 April 2018 meliputi Penilaian Karya Tulis Ilmiah, Penilaian Desk Evaluasi dan IPK, Penilaian Ringkasan Bahsa Inggris, Presentasi, Tutorial Bahasa Asing, Tutorial Kepribadian dan hasil penilaian terakhir adalah pengiriman Data Calon Pilmapres Tingkat Nasional.
Pada Waktu yang sama Wakil Dekan II Ir. R. Soedradjad, MT dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan Pilmapres 2018 merupakan ajang pencarian mahasiswa berprestasi dilingkungan Fakultas, mulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan pemilihan. Oleh sebab itu setiap prestasi yang dilampirkan tentunya akan menghasilkan point yang berbeda seperti apabila teman-teman mendapatkan juara satu tentunya akan mendapatkan point yang lebih tinggi.
“Harapan saya, harus tetap semangat, karena setelah ini, pemenang akan mengikuti proses seleksi selanjutnya, yakni tingkat Universitas dan Nasional apabila yang bersangkutan lolos”, lanjutnya mengakhiri pembicaraan.
Penilaian meliputi beberapa komponen, yakni IPK, karya tulis ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan dan tes Bahasa Inggris. Tim juri ada tiga orang terdiri dari Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M. Rur., Ir. Hari Purnomo, M.Si, Ph.D, DIC., Ir. Anang Syamsunihar, MP, Ph.D. Beliau adalah staf pengajar, sekaligus perwakilan dari masing-masing prodi yang kompeten di bidangnya. Melalui seleksi dengan ketat akhirnya juri menetapkan sebagai pemenang II adalah, diraih oleh Endang Setyoningsih juga dari PS. Agroteknologi dengan point 2799,59, juara III diraih oleh Dimas Brilian Syabar Pramana dari PS Agribisnis total nilai point 2581,28. Sedangkan juara utama diraih oleh Maghfirotus Sibyan NIM 161510501221 dari prodi Agroteknologi dengan karya ilmiahnya “Pemanfaatan Gulma Pistia statiotes L. Sebagai Fitoremediator dan Biofertilizer Guna Mengurangi Pencemaran di Lahan Sawah Berbasis Zero Waste” mendapat point 2812,29 dan berhak mengikuti Pilmapres tingkat Universitas.