Monthly Archives: January 2018

PANDUAN PELAKSANAAN MAGANG PROFESI

Panduan Pelaksanaan Magang Profesi ini Digunakan sebagai Petunjuk Pelaksanaan Magang Profesi bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Sebagai matakuliah wajib fakultas Program Sarjana S1, magang profesi wajib dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember Program Sarjana S1, baik dari Program Studi  Agroteknologi maupun Agribisnis dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dapat memprogram matakuliah Magang Profesi  apabila telah mengumpul-kan sekurang-kurangnya 100 SKS dengan IPK ≥ 2,0 dan PP ≥  85%.
  2. Mahasiswa yang akan melaksanakan magang profesi wajib memprogramkan magang profesi pada semester pelaksanaan magang profesi.
  3. Magang Profesi diprogramkan pada semester gasal dan genap, yang pelaksanaannya dapat dilakukan pada masa liburan akademik.
  4. Apabila Magang profesi dilaksanakan pada waktu liburan akhir tahun akademik (Juli – Agustus), maka mahasiswa boleh menempuh SKS sesuai dengan IP yang diperoleh. Jika dilaksanakan pada libur antar semester (Januari-Pebruari), tidak boleh memprogramkan kegiatan perkuliah semester genap.
  5. Pada saat melaksanakan kegiatan Magang Profesi, mahasiswa tidak boleh melaksanakan kegiatan: perkuliahan/Kuliah Kerja/Skripsi.
  6. Magang Profesi dilaksanakan sekurang-kurangnya selama 45 hari disesuaikan dengan kondisi lapangan dan atau  jenis  pekerjaan yang dipilih.
  7. Magang Profesi dilaksanakan pada lembaga/instansi pemerintah atau swasta yang berbadan hukum yang berbasis/ mengelola  bidang pertanian.
  8. Tempat magang profesi ditentukan oleh komisi magang profesi,
  9. Setiap mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing magang yang ditetapkan oleh Dekan Fakultas Pertanian atas usulan   Komisi Magang Profesi dan instruktur  dari instansi tempat magang yang diberi kewenangan oleh pimpinan instansi tempat magang
  10. Biaya Magang Profesi Tahun 2017 bagi mahasiswa angakatan tahun 2012 dan sebelumnya ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan,  besarnya  ditetapkan  oleh Komisi Magang, dan pengelolaannnya oleh Komisi Magang. Fakultas membantu biaya administrasi, sedang untuk mahasiswa angkatan tahun 2013 dibiayai DIPA Fakultas Pertanian Universitas Jember tahun Anggaran 2017.
  11. Peserta magang Profesi wajib mengikuti pembekalan magang sebelum pelaksanaan magang pada semester yang diprogramkan. Jika program Magang Profesi batal dilaksanakan padahal sudah diprogramkan, maka mahasiswa tersebut wajib mengikuti pembekalan lagi jika memprogramkan lagi Magang Profesi.

Hal-hal  yang belum tercantum dalam ketentuan umum ini akan diatur tersendiri dan diinformasikan kemudian oleh Komisi Magang Profesi .

Daftar peserta_magang_Des2017_Jan2018_Komisi

Form -1 Bukti Kelengkapan Nilai Magang Profesi

Form -2 Nama Instruktur Magang Profesi

Form pendaftaran dan pernyataan MP GENAP 2017-18

Pengumuman Pelaporan Magang Profesi 2018

Pernyataan Mahasiswa Magang Profesi